PONDOK PESANTREN MTA
Mojogedang Karanganyar, Jawa Tengah

Yayasan Majlis Tafsir Al Qur’an Surakarta (MTA) adalah lembaga dakwah Islamiyah dan  pendidikan yang berkedudukan di Surakarta. Majlis Tafsir Al Qur’an Surakarta di dirikan oleh Al Ustadz Abdullah Thufail Saputro dan berbadan hukum Yayasan dengan akta notaris R Soegondo Notodisoerjo di Surakarta nomor 23 tahun 1974. Untuk memenuhi ketentuan dalam Undang- Undang no. 28 tahun 2004 tentang Yayasan, MTA didaftarkan sebagai Yayasan dengan akta notaris Budi Yojantiningrum, S.H notaris di Karanganyar nomor 01 tanggal 6 September 2006 dan disyahkan oleh Menkum dan HAM dengan Keputusan Menteri No. C-2510 HT.01.02 TH 2006 tgl. 3 November 2006.

Sepeninggal Al Ustadz Abdullah Thufail Saputro ditahun 1992, MTA dipimpin oleh Al Ustadz Drs. Ahmad Sukina. Selama kepemimpinan Al Ustadz Drs. Ahmad Sukina MTA berkembang sangat pesat dengan dukungan sarana Multimedia yang dimiliki MTA. Kini MTA telah memiliki 640 perwakilan dan cabang yang tersebar dari Takengon, Aceh sampai Papua. Dalam bidang pendidikan Formal MTA telah memiliki lebih dari 43 PAUD, 5 SDIT, 2 SMP, dan 1 SMA.

Dakwah MTA semakin berkembang, sudah menasional, bahkan merambah ke luar negeri. Perkembangan ini menuntut penguatan di bidang keilmuan agar generasi mendatang memiliki akidah yang kuat, akhlak yang mulia, syariat yang lurus, dan memiliki pengetahuan soft-skill maupun hard-skill. Generasi penerus bangsa yang kuat akidahnya, mulia akhlaknya, lurus syariatnya, dan memiliki pengetahuan soft-skill maupun hard-skill akan mampu menghadapi tantangan di berbagai bidang kehidupan, sehingga generasi penerus bangsa tidak akan terombang-ambing oleh  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta globalisasi, bahkan akan dapat menjadi pioner-pioner dalam membangun peradaban sesuai dengan al qur’an dan as sunnah.

Alhamdulillah pada tahun 2018, MTA dapat mulai membangun Pondok Pesantren di Desa Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten karanganyar, yang insyaallah pada tahun pelajaran 2019-2020  akan menerima santri baru lulusan dari Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyyah. Komplek bangunan Pondok Pesantren MTA tersebut menempati lahan seluas kurang lebih 10 hektar.

Untuk mencapai tujuan seperti diterangkan di atas Pondok Pesantren MTA dibangun berdasar visi, misi, dan tujuan sebagai berikut:

VISI

Menjadi pondok pesantren  unggul untuk menumbuhkan generasi Islam yang berpegang teguh pada Al-Qur’an dan  As-Sunnah

MISI

  1. Menumbuhkan generasi penerus yang memahami, menghayati, dan mengamalkan Al-Qur’an dan As-Sunnah dalam kegiatan sehari-hari.
  2. Memperkuat dan mengembangkan penyebarluasan pemahaman Islam berdasar Al-Qur’an dan As-Sunnah secara berkesinambungan

TUJUAN

  1. Menyelenggarakan  pendidikan untuk menumbuhkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Al-Qur’an dan As-Sunah.
  2. Menyelenggarakan  pengajaran untuk menghasilkan santri yang memahami ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Menyelenggarkan pendidikan untuk menghasilkan santri yang berakhlak mulia, cerdas, berprestasi,  sehat  jasmani-rohani,   dan mandiri.
  4. Mengadakan bimbingan untuk menghasilkan santri yang mengenali dan mengembangkan potensi diri.
  5. Mengembangkan sistem kaderisasi  untuk menghasilkan santri yang siap   mengemban tugas dakwah
  6. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan senergi dalam pengembangan pendidikan dan penyebaran pemahman Islam berdasar Al-Qur’an As-Sunnah

TARGET

  1. Menghasilkan santri yang   kuat aqidahnya, lurus syariatnya, mulia akhlaknya dengan memahami, menghayati, dan mengamalkan  Qur’an dan  sunnah dalam kehidupan sehari-hari  secara konsekuen.
  2. Menghasilkan santri yang hafal al qur’an minimal 15 juz, menguasai bahasa Arab,  bahasa Inggris, dan ilmu alat.
  3. Menghasilkan santri yang memahami ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan, sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
  4. Menghasilkan santri yang  memiliki jiwa dan kemampuan kewirausahaan menuju kemandirian.
  5. Menghasilkan santri yang siap mengemban misi dakwah dengan mengedepankan ukhuwah demi persatuan dan kesatuan bangsa
  6. Menghasilkan jaringan lembaga pendidikan Islam dan dakwah yang peduli terhadap penyebaran pemahaman Islam berdasar Al-Quur’an dan As-Sunnah

PROFIL LULUSAN PONDOK PESANTREN MTA

Dengan target seperti tersebut di atas, tamatan Pondok Pesantren MTA akan memiliki pengetahuan dan ketrampilan sebagai berikut:

  1. Memiliki akidah yang kuat, syariat yang lurus, mulia akhlaknya, memahami, menghayati, dan mengamalkan al qur’an dan sunnah dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Hafal al qur’an minimal 15 juz, menguasai bahasa Arab dan  bahasa Inggris yang mencakup empat ketrampilan berbahasa, dan menguasai ilmu alat yang diperlukan untuk memahami agama.
  3. Memahami ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan, sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
  4. Memiliki jiwa dan kemampuan kewirausahaan menuju kemandirian.
  5. Memiliki kesiapan untuk berdakwah serta memiliki kemampuan untuk menjalin  ukhuwah demi persatuan dan kesatuan bangsa.
  6. Memiliki kemampuan untuk membangun jaringan dengan berbagai lembaga pendidikan Islam dan dakwah yang peduli terhadap penyebaran pemahaman Islam berdasar Al-Quur’an dan As-Sunnah.

Dengan Profil Lulusan sebagaimana tersebut di atas diharapkan terbentuk pribadi santri yang Alim. Maju, dan Mandiri.

SATUAN PENDIDIKAN

Satuan Pendidikan di Pondok Pesantren MTA adalah Kulliyatul Muallimin Al Islamiyyah (KMI).  KMI sebagaimana yang sedang berkembang di Indonesia saat ini  memiliki jenjang pendidikan setingkat MTs dan MA yang berbasis dan berbentuk “Pondok Pesantren”. KMI memiliki dua program, yaitu program reguler dan program intensif. Program reguler  memiliki masa belajar 6 tahun dengan input  tamatan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Program intensif memiliki masa belajar 4 tahun dengan input tamatan SLTP/Madrasah Tsanawiyah. Program KMI yang akan dibuka di Pondok Pesantren MTA untuk tiga tahun pertama adalah program reguler.

SARANA DAN PRASARANA

Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren MTA dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 10 hektar, terdiri atas:

  1. Masjid,
  2. Asrama Santri,
  3. Gedung Sekolah,
  4. Rumah Kyai dan Ustadz,
  5. Lapangan Bermain dan Olah raga,
  6. Dapur santri dan kantin
  7. Balai Pengobatan, dll.

PENGELOLA

Pengelola Pondok Pesantren MTA berasal dari lulusan Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri.

  1. Al Ustadz Drs. Ahmad Sukina
  2. Ustadz Prof. Drs. Mugijatna, M.Si., Ph.D
  3. Ustadz Nur Kholid Syaefulloh, L.c., M.Hum
  4. Ustadz Drs. Heru Siswanto
  5. Ustadz Ir. Didik Djoko Susilo, S.T., M.T, IPM
  6. Ustadz Sunarno, S.Sos., M.Hum
  7. Ustadz Masduki
  8. Ustadz Ahmadi
  9. Ustadz Marjono, S.Th.I
  10. Ustadz M. Ghozali, S.Pd.I
  11. Ustadz Nur Kholis Majid, S.Fil.I, M.Pd
  12. Ustadz Abdurrahman, Al Hafidz
  13. Ustadz Harvian Prasiswanto, Al Hafidz
  14. Ustadz Suprapto, S.Th.I, M.P.I